Nol = Kosong ?

Anonymous Wednesday, February 11, 2015
Penyebutan angka “0″ (nol) di berbagai media audiovisual bahkan beberapa percakapan langsung seringkali dilakukan secara keliru.
Hingga hari ini masih ada media televisi dan radio yang nampaknya belum paham penyebutan angka “0″ (nol) sehingga mereka menyamakannya dengan “kosong”. Contoh yang paling sering dijumpai adalah pengucapan nomor telepon genggam yang mengandung angka nol.
Contoh:
Sebuah iklan berbunyi: Segeralah memesan unit rumah Anda sendiri. Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi 081234567890.
Masih banyak yang keliru dengan mengucapkan nomor telepon tersebut dengan:kosong-delapan-satu-dua-tiga-empat-lima-enam-tujuh-delapan-sembilan-kosong.
Menyebut angka “0″ sebagai “kosong” secara terminologi definisi kata Bahasa Indonesia tidak tepat. Alasannya? Jelas sekali karena dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata “kosong” diartikan sebagai:
1 tidak berisi: peti — itu rupanya menjadi sarang tikus; 2 tidak berpenghuni: rumah itu sudah lama –; 3 hampa; berongga: batang kangkung itu — di dalamnya; 4 tidak mengandung arti: dia menerima tangan saya dng sikap dingin dan pandangan yg –
Tidak ada satupun definisi “kosong” dalam KBBI yang merujuk pada penyebutan angka.
Ini berarti, jika  seseorang mendiktekan nomor telepon 081234567890 dengan lafal:kosong-delapan-satu-dua-tiga-empat-lima-enam-tujuh-delapan-sembilan-kosong“, maka
untuk ditulis kemudian, maka hasil tulisannya seharusnya:
[ ]8123456789 [ ], dengan “[ ]” membenarkan kata vokal “kosong”.
Berbeda jika angka “0″ tersebut dilafalkan sesuai namanya, yaitu “nol“, maka menjadi tepat jika dituliskan 081234567890.
Ini berarti, setiap penyebutan angka “0″ dalam deretan angka tertentu yang benar adalah dengan kata “nol”, bukan “kosong”. Sama halnya dalam Bahasa Inggris. Angka “0″ dilafalkan sebagai “zero” atau “ou” yang diadaptasi dari huruf “O”, bukan “empty” yang mewakili “kosong”. Ironisnya, lembaga-lembaga penyiaran baik teve maupun radio masih ada yang melakukan kesalahan ini.
Masih banyak kesalahan penggunaan bahasa ucap maupun tulis dalam komunikasi kita sehari-hari. Semoga beberapa informasi di atas bisa memperbaiki pola pahasa vokal dan tulis kita.
Terima kasih.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Smart Comment = Smart Inspiration

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔