EXTENSION CHROME INI BIKIN LEBIH FOKUS

Monday, May 09, 2016
Hampir setiap hari dalam pekerjaan sehari-hari kita membutuhkan akses internet untuk mencari referensi tambahan untuk perkerjaan yang sedang kita kerjakan.
Apalagi jika pekerjaan kita memang berhubungan langsung dengan internet. Tentu kita tak bisa lepas dari internet. Namun, sering kali kita menyalahgunakan internet. Fasilitas internet yang sejatinya untuk mendukung produktivitas kerja malah digunakan untuk keperluan yang lain
Misalnya saja, di jam-jam sibuk kamu membaca berita di portal-portal berita atau membuka Facebook untuk ngobrol dengan teman kamu sampai lupa waktu. Sampai-sampai kamu melupakan tugas utama untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.
Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa melakukan beberapa trick. Salah satunya adalah dengan memasang add-on di aplikasi web browser yang akan membantu kamu untuk tetap fokus pada pekerjaan.
Jika kamu adalah pengguna browser Google Chrome kamu dapat menambahan dua buah extension yang bisa membantu kamu menghindari hal-hal yang dapat menunda pekerjaan kamu. Extension tersebut adalah StayFocusd serta Momentum
1. StayFousd
Extension ini dikembangkan oleh Warren Benedetto. StayFousd membantu kamu untuk menghindari mengakses situs-situs tertentu yang dapat menghabiskan waktu kamu. Misalnya, jika biasanya kamu menghabiskan waktu selama 3 jam dengan Facebook, kamu bisa membatasi durasi akses Facebook menjadi satu jam perhari. Setelah itu situs Facebook tidak akan bisa diakses di hari yang sama.
Extension ini mudah untuk dikonfigurasi dan dapat digunakan untuk mem-blok halaman spesifik serta sub-domain tertentu. Durasi waktu blocking juga dapat kamu atur sendiri.
Direct Link Download:
http://adf.ly/1VX3GB
Berikut contoh penggunaannya,

setelah extensi tersebut terinstal di Google Chrome, klik extensi tersebut di pojok kanan atas, lalu klik setting untuk pengaturannya


setelah itu akan muncul seperti pada gambar dibawah ini, disini ada beberapa pilihan untuk menonaktifkan atau mem-block akses situs mulai dari Max Time Allowed (maksimum waktu yang diijinkan untuk membuka situs) hingga Customize (Selera Sendiri).

Nah untuk percobaan awal saya pilih yang The Nuclear Option , karena hanya untuk block situs sesaat. lalu sebagai contoh saya setting waktunya 0.2 hours (0,2 jam) atau = 0,2 x 60 menit = 12 menit


muncul kotak dialog, klik Oke


Waktu saat klik OK tadi jam yang di pojok kanan bawah menunjukan pukul 9:07
Hasilnya... semua situs yang dibuka langsung di block selama waktu yang ditentukan tadi (0,2 Hours).



setelah 0,2 Hours atau 12 menit berlalu ...
Situs yang dibuka tadi sudah bisa diakses kembali.



2. Momentum
Momentum adalah sebuah extension sederhana yang akan mengingatkan kamu tentang apa saja yang menjadi fokus kamu hari ini. Extension ini akan muncul setiap kali kamu membuka tab baru di Google Chrome. Dengan background yang berganti-ganti setiap harinya sehingga kamu tidak akan bosan. Kalimat sapaan juga disesuaikan dengan waktu.
Contoh penggunaanya ...

setelah extensi tersebut terinstal di Google Chrome, buka Tab baru dengan cara klik di lingkaran biru diatas atau tekan Ctrl + T pada keyboard
Lalu akan muncul tampilan seperti ini, ini adalah tampilan pertama kali. Masukkan nama kamu (ini penting). Jika sudah... tekan Enter.


Masukkan alamat e-mail kamu.
Kamu keberatan memasukkan email ? Tidak apa-apa ... tidak usah diisi , langsung klik Stay logged out saja seperti gambar dibawah ini.



Selesai, inilah tampilan Tab baru yang akan selalu mengingatkan tentang Apa Fokusmu dihari ini ? (yang maksudnya adalah jangan habiskan waktu aja... hahaaa)


Jadi setiap kamu membuka Tab baru maka akan selalu muncul tampilan ini di browser Google Chrome kamu.

Selamat ber-produktif ya.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Smart Comment = Smart Inspiration

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔